Terhubung dengan kami

Tips & Tricks

Sebuah Studi Membuktikan Motoran Dapat Mengurangi Stress dan Meningkatkan Kewaspadaan

mm

Diterbitkan

di

Meningkatkan Skill Riding Di Jalur Semi Offroad

Sebuah studi berhasil membuktikan jika motoran ternyata mampu mengurangi stress dan meningkatkan kewaspadaan sang riders. Penelitian ini dibiayai oleh Harley-Davidson dalam rangka untuk mengetahui keuntungan secara fisik saat riding motor termasuk peningkatan level cortisol dan tingkat stres saat riding.

Studi ini dilakukan di University Of California, Los Angeles, Amerika Serikat (UCLA) oleh Semel Institute for Neuroscience and Human Behaviour. Penelitian ini dilakukan oleh 3 orang peneliti dari UCLA yang melibatkan lebih dari 50 orang pengguna motor. Para objek penelitian terdiri dari pria dan wanita dari berbagai usia serta sebagian dari mereka sudah riding motor seumur hidup mereka dan beberapa baru memulai aktivitas riding motor beberapa tahun saja.

Penelitian ini merekam aktivitas otak dan level hormon mereka saat sebelum, sedang dan setelah berkendara motor, mobil dan pada saat istirahat. Penelitian ini menggunakan sebuah topi seperti penutup kepala saat renang. Pada topi tersebut terdapat elektroda untuk mengukur gelombang otak saat berkendara motor, mobil serta kegiatan lainnya.

Dalam penelitian ini, para riders diminta melakukan riding sekitar 20 menit di jalanan pedesaan di dua lokasi yang berbeda. Selama riding , terdapat kemacetan pada jalanan tersebut namun tidak terlalu padat.

Hasil dari studi ini membuktikan jika saat riding motor mampu menurunkan tanda-tanda stress hingga 28% serta dalam rata-rata saat berkendara motor selama 20 menit mampu meningkatkan detak jantung para riders hingga 11% dan meningkatkan level adrenalin sebanyak 27%. Peningkatan level ini menyerupai seperti seseorang sedang melakukan olahraga ringan. 

Dari sisi aktivitas otak, peneliti menemukan jika ada peningkatan perhatian atau kewaspadaan dalam otak saat sedang riding motor seperti selesai mengkonsumsi secangkir kopi. Fokus sensorik pun meningkat saat riding motor dibanding saat mengendarai sebuah mobil. Dapat diartikan jika sedang riding motor tingkat kewaspadaan terhadap sekitar lebih tinggi.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Harley Davidson ingin melakukan validasi atas persepsi yang sudah cukup lama yaitu Riding bagus untuk kesehatan mental. Karena selama ini banyak riders yang mengungkapkan jika riding motor walau hanya dalam waktu yang singkat akan membuat riders melupakan hal lain. Namun belum ada pembuktiannya secara ilmiah. Senada dengan persepsi tersebut, salah satu peneliti pun menemukan fakta yang sama saat sedang melakukan observasi.

Referensi

https://www.jsonline.com/story/money/2019/01/17/study-says-motorcycle-riding-reduces-stress-improves-mental-physical-health/2597550002/

https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0006899320305618

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending