Terhubung dengan kami

Tips & Tricks

Jangan Konsumsi Kopi Terlalu Banyak Saat Riding

mm

Diterbitkan

di

Jangan Konsumsi Kopi Terlalu Banyak Saat Riding

Siapa nih yang suka ngopi saat sebelum riding atau saat riding? Kopi merupakan kebiasaan para riders umumnya sebelum melakukan aktifitas. Tapi apakah ngopi bakal memberi dampak baik ke tubuh saat riding? Yuk kita bahas jawabannya di artikel ini.

Kopi mengandung kafein yang terbilang cukup tinggi dalam setiap cangkirnya. Banyak artikel yang mengatakan sebelum melakukan kegiatan baik aktifitas ringan maupun berat seperti berolahraga atau motoran lebih baik untuk mengkonsumsi kopi, apa alasannya? 

Kopi bagus untuk menstimulus tubuh

Kafein dalam kopi memberi efek meningkatkan detak jantung manusia serta meningkatkan tekanan darah dalam tubuh, sehingga memberi efek tubuh merasa bertenaga dan bersemangat. Stimulus ini mampu menghilangkan rasa ngantuk saat berkendara, sehingga banyak yang menggunakan kopi sebagai suplemen sebelum riding.

Efek stimulus yang diberikan ke tubuh ini yang membuat para riders untuk kerap menenggak secangkir kopi sebelum riding. Namun, berdasarkan opini dari pihak kesehatan, kelebihan kafein dalam tubuh pun tidak ada baiknya. Disarankan dalam 1 hari konsumsi kafein dalam 1 – 2 cangkir saja. Dampaknya tidak hanya kepada kebugaran tubuh, tapi juga kebiasaan dan organ dalam tubuh.

Kopi bisa bikin hilang konsetrasi dan membuat badan cepat lelah

Efek detak jantung yang cepat karena kafein justru akan berbahaya saat kadar kafein habis dalam tubuh. Setelah kadar kafein habis, riders akan cepat lelah dan hilang fokus. Bukan berarti saat kadar kafein habis diperbolehkan untuk kembali memesan secangkir kopi, tapi alangkah baiknya juga diimbangi dengan mengkonsumsi air mineral.

Selain itu kopi pun juga mengandung zat diuretik, zat ini yang membuat si penikmat kopi akan lebih sering membuang air kecil. Keseringan berhenti untuk membuang air kecil akan mengganggu perjalanan adventure mu.

Air Mineral saat adventure

Komposisi air di dalam tubuh mencapai  60% – 70%. Riding adventure sangat menguras energi, energi yang terbuang menjadi keringat adalah keluarnya air atau cairan dari dalam tubuh. Keluarnya cairan tersebut membuat seharusnya para riders harus sering kembali mengisi kembali cairan tubuh dengan air mineral, sehingga komposisi air di dalam tubuh tetap terjaga dan tidak menimbulkan dehidrasi.

Jika tidak menyiapkan air mineral akan berbahaya bagi para riders. Selain mengakibatkan kelelahan, dehidrasi akan membuat riders mengalami kecemasan hingga menurunkan daya ingat.

Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kopi saat riding atau dalam beraktifitas lain. Kadar kafein yang tinggi memberi dampak kepada tubuh baik secara bermanfaat atau berbahaya. Jadi, saat riding khususnya adventure, tidak hanya mengkonsumsi kopi tapi juga dengan minum air mineral yang harus dipenuhi yaitu 1,5 sampai 2 Liter perharinya.

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending