Terhubung dengan kami

Event

IR-Adv Heritage Journey Kasepuhan Ciptamulya

mm

Diterbitkan

di

Indonesia Ride Adventure kembali menggelar kegiatan riding bersama dengan para pecinta adventure dual purpose. Kali ini tujuannya adalah Kasepuhan Ciptamulya yang merupakan bagian dari Kesatuan Adat Banten Kidul yang terletak di desa Sinar Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Perjalanan kali ini di mulai dari dari Simpang Gaplek, Tangerang Selatan. Para riders dibebaskan memilih 3 (tiga) jalur yang telah disiapkan. Ketiga jalur memiliki jarak dan tantangan yang berbeda-beda.

Berikut ini ketiga jalur yang dapat dipilih oleh para riders;

  1. Jalur A melintasi perjalanan dari Simpang Gaplek – Gunung Sindur – Leuwiliang – Cianten – Cikidang – Pelabuhan Ratu – Kasepuhan Ciptamulya. Jalur ini merupakan jalur yang sepenuhnya melalui jalur utama yang disuguhi oleh pemandangan perkebunan teh Cianten dan lika-liku jalanan Cikidang menuju Pelabuhan Ratu dan tiba di Kasepuhan Ciptamulya.
  2. Jalur B melintasi jalanan Simpang Gaplek – Gunung Sindur – Leuwiliang – Cipanas – Citorek – Warung Banten – Kasepuhan Ciptamulya. Jalur ini mengajak para riders untuk sedikit menghadapi jalur cross country yang melalui jalanan bebatuan dan rusak di jalan Warung Banten. Jalur ini merupakan salah satu jalur yang kerap digunakan untuk menuju Bayah, Banten dan Pelabuhan Ratu.
  3. Jalur C melintasi rute terjauh dan terberat yang dapat dipilih, yaitu melalui Simpang Gaplek – track Cisadane – Rumpin – Cigudeg – Cileuksa – Citorek – Warung Banten – Cicarucub dan finish di Kasepuhan Ciptamulya. Jalur ini merupakan jarak terjauh menuju Kasepuhan Ciptamulya, karena para riders di rombongan ini akan bermain dual purpose melintasi bermacam jalur cross country dan offroad. Mulai dari aspal, tanah licin, bebatuan, tanjakan hingga jalur single track tersaji dalam jalur ini. Meski jalur ini terjauh dan terberat namun merekam banyak cerita selama perjalanan.

Para riders dibebaskan untuk memilih jalur mana yang mereka gunakan untuk mencapai Kasepuhan Ciptamulya. Perjalanan kali ini setidaknya tidak kurang dari 60 motor ikut ambil bagian. Mayoritas para riders mengambil jalur B dan C yang cukup menantang untuk dilalui bersama kendaraan mereka. 

Rombongan riders di jalur C berangkat lebih dahulu pada pukul sekitar 07.15 pagi dari Simpang Gaplek, sedangkan riders jalur B berangkat pada pukul sekitar 08.00 karena jarak yang lebih dekat dan tidak melintasi jalur offroad yang lebih menantang.

Rombongan jalur B telah tiba di kasepuhan Ciptamulya sekitar pukul 6 malam, sedangkan beberapa riders dari jalur C mulai memasuki jalur Ciptamulya pukul 9 malam. 

Setibanya di Kasepuhan Ciptamulya para riders disambut langsung oleh abah Hendrik yang merupakan pemimpin di Kasepuhan Ciptamulya. Setiap riders diharuskan untuk menggunakan ikat kepala sebagai salah satu adat budaya yang ditanamkan di Kasepuhan serta ramah tamah dengan abah sembari menghabiskan malam. 

Keesokan harinya para riders mulai meninggalkan kasepuhan Ciptamulya seusai sarapan. Beberapa riders memutuskan untuk pulang di awal pagi dan sisanya bubar secara bersamaan pada pukul 10.00 pagi setelah sesi foto bersama. 

Rombongan akhir tidak langsung berpisah namun menuju pantai Cikembang yang berjarak sekitar 26 km dari Kasepuhan Ciptamulya. Saat tiba di lokasi pantai Cikembang, para riders menikmati suasana pantai sambil memutar gas motornya masing-masing serta mengabadikan momen di bibir pantai. Meski pasir pantai tidak terlalu keras namu riders dapat mengabadikan momen berkendara dipasir menjadi pengalaman yang berbeda.

Hari makin siang dan mulai turun gerimis membasahi pantai. Para riders bersantai sambil menyantap makan siang ikan bakar di pinggir pantai sembari menunggu hujan reda untuk melanjutkan perjalanan pulang. Setelah hujan reda, para riders melanjutkan perjalanan dan berpisah menuju rumah masing-masing dengan jalur yang berbeda-beda ada yang melalui jalan Cikidang, Bayah, dan Cianten.

Sampai jumpa pada gelaran kegiatan Indonesia Ride Adventure selanjutnya. Semoga setiap kegiatan yang kami lakukan meninggalkan cerita menarik serta pengalaman yang tidak terlupakan. Ikuti terus akun sosial media kita di Instagram @indonesiaride_adventure dan channel youtube kita Indonesia Ride Adventure

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending