Terhubung dengan kami

Event

Heritage Journey Rewind: Silaturahmi Antar Riders Seusai Lebaran

mm

Diterbitkan

di

Indonesia Ride Adventure kembali melaksanakan perjalanan bertema kebudayaan menuju kampung ada Kasepuhan Ciptamulya. Perjalanan kali ini adalah kali kedua wadah para pecinta adventure roda dua ini melakukan perjalanan bertemakan kebudayaan. 

Kegiatan yang diberi nama “Heritage Journey Rewind” ini merupakan ulangan pada Heritage Journey yang pertama yang sudah dilaksanakan pada sebelum bulan puasa 2022 lalu. Perjalanan Rewind ini dibuat atas minat para pecinta adventure yang ingin kembali menikmati jalur yang cukup menantang serta ingin kembali bersilaturahmi ke kasepuhan Ciptamulya.

Heritage Journey Rewind ini kembali menuju Kasepuhan Ciptamulya yang terletak di desa Sinar Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Kasepuhan Ciptamulya merupakan bagian dari Kesatuan Adat Banten Kidul. Sesuai dengan ceritanya, Kasepuhan Ciptamulya adalah kasepuhan yang tertua sebelum Kasepuhan Sinar Resmi dan Kasepuhan Ciptagelar.

Pada perjalanan kali ini pihak Indonesia Ride Adventure (IRA) kembali menyiapkan 3 jalur yang dapat dilalui oleh para riders yang turut serta pada perjalanan kali ini. 

Berikut ini ketiga jalur yang dapat dipilih oleh para riders;

  1. Jalur A melintasi perjalanan dari Simpang Gaplek – Gunung Sindur – Leuwiliang – Cianten – Cikidang – Pelabuhan Ratu – Kasepuhan Ciptamulya. Jalur ini merupakan jalur yang sepenuhnya melalui jalur utama yang disuguhi oleh pemandangan perkebunan teh Cianten dan lika-liku jalanan Cikidang menuju Pelabuhan Ratu dan tiba di Kasepuhan Ciptamulya.
  2. Jalur B melintasi jalanan Simpang Gaplek – Gunung Sindur – Leuwiliang – Cipanas – Citorek – Warung Banten – Kasepuhan Ciptamulya. Jalur ini mengajak para riders untuk sedikit menghadapi jalur cross country yang melalui jalanan bebatuan dan rusak di jalan Warung Banten. Jalur ini merupakan salah satu jalur yang kerap digunakan untuk menuju Bayah, Banten dan Pelabuhan Ratu.
  3. Jalur C melintasi rute terjauh dan terberat yang dapat dipilih, yaitu melalui Simpang Gaplek – track Cisadane – Rumpin – Cigudeg – Cileuksa – Citorek – Warung Banten – Cicarucub dan finish di Kasepuhan Ciptamulya. Jalur ini merupakan jarak terjauh menuju Kasepuhan Ciptamulya, karena para riders di rombongan ini akan bermain dual purpose melintasi bermacam jalur cross country dan offroad. Mulai dari aspal, tanah licin, bebatuan, tanjakan hingga jalur single track tersaji dalam jalur ini. Meski jalan ini terjauh dan terberat namun merekam banyak cerita selama perjalanan.

Para riders jalur A menjadi yang tercepat tiba ke Kasepuhan Ciptamulya. Melintasi jalur perkebunan teh Cianten, Cikidang dan masuk ke Cisolok para riders jalur A tidak terlalu banyak menghadapi rintangan jalur bebatuan dan tanah licin. 

Selanjutnya, para riders jalur B masuk pada sore hari menjelang malam. Meski harus mengalami kendala pada salah satu riders namun karena kebersamaan sehingga berhasil melewati kendala tersebut dan tiba tanpa banyak masalah menghampiri.

Para riders jalur C yang dipimpin oleh bang Jack menjadi rombongan yang tiba paling akhir. Melintasi jalur yang paling berat serta diguyur hujan selama perjalanan membuat rombongan ini harus tiba paling akhir saat malam hari. 

Berbeda dengan Heritage Journey yang pertama, Heritage Journey Rewind ini pada hari kedua tidak memiliki agenda menuju pantai Cikembang. Para riders berpisah dari Kasepuhan CIptamulya. Para riders dibebaskan untuk pulang pada jam berapa saja dan melintasi jalur yang mereka inginkan.

Tidak kurang dari 50 motor ikut andil dalam perjalanan Heritage Journey Rewind ini. Para riders yang mengikuti pun cukup antusias dengan ragam jalan yang telah disiapkan oleh pihak panitia. Meski harus berjuang di beberapa jalur yang berat namun itu akan menjadi cerita yang kelak akan terus diulang dikemudian hari. 

Sampai jumpa pada gelaran kegiatan Indonesia Ride Adventure selanjutnya. Semoga setiap kegiatan yang kami lakukan meninggalkan cerita menarik serta pengalaman yang tidak terlupakan. Ikuti terus akun sosial media kita di Instagram @indonesiaride_adventure dan channel youtube kita Indonesia Ride Adventure

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending