Terhubung dengan kami

Riders Story

Gunakan Motor Dua Silinder, Pol Tarres Pecahkan Rekor Dunia

mm

Diterbitkan

di

Gunakan Motor Dua Silinder, Pol Tarres Pecahkan Rekor Dunia

Siapa yang tidak mengenal pembalap asal Spanyol yang kerap memperagakan hal-hal ekstrim, Pol Tarres. Pembalap yang kerap kali mengikuti ajang Rally dunia ini dikenal sebagai pembalap yang selalu menantang dirinya untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang ekstrim. Melalui channel youtube, Pol selalu membagikan film pendek yang mempertontonkan kebolehannya dalam mengendarai motor.

Kali ini Pol tarres bersama tim nya akan menaklukkan salah satu gunung yang berada di Argentina, yaitu gunung Mercedario menggunakan sepeda motor. Gunung Mercedario merupakan puncak tertinggi ke delapan di pegunungan Andes. Menggunakan Yamaha Tenere T7 nya Pol bersiap untuk menghadapi segala tantangan dalam menaklukkan ketinggian gunung menggunakan sepeda motor.

Tanpa pengalaman menaklukan ketinggian

Pol Tarres ternyata tidak memiliki pengalaman dengan gunung maupun ketinggian. Ini merupakan pengalaman pertamanya mendaki gunung menggunakan motor bahkan di gunung Mercedario pun belum pernah ada orang yang menaklukkan menggunakan motor. Bahkan, salah satu mekanik yang melakukan mapping pada motor Pol tidak yakin jika motor ini mampu menaklukkan Mercedario. Hanya bermodal keberuntungan, keberanian dan keuntungan untuk bisa menaklukkan dengan kondisi seperti ini.

Penaklukkan di mulai

Persiapan Pol Tarres didampingi oleh operator berpengalaman yaitu INKA EXPEDITION. Operator ini memastikan jika Pol mampu dan menyiapkan segala kebutuhan Pol selama riding, seperti Oksigen, base camp untuk beristirahat, dan lain-lain. Sebuah tabung oksigen disematkan pada tas Pol dan menyambungkannya menggunakan selang langsung ke hidung rider asal Spanyol ini.

Pol berhasil mencapai base camp pertama di ketinggian 9845 feet (3000m) dan dilanjutkan ke basecamp intermediate di ketinggian 14,764 feet (4500m) dengan jarak tempuh 10km. Pol Tarres mengatakan “Tujuan dari ekspedisi ini adalah untuk melakukan pengetesan terhadap motor dan kesiapan rider dalam kondisi terberat.”

Dikutip dari deskripsi channel youtube Pol Tarres, ia berhenti di ketinggian 6157,5 meter. Pada titik ini ia mulai kesulitan bernafas. Titik ketinggian ini merupakan titik tertinggi yang pernah dicapai oleh sebuah motor dua silinder. 

Meski tidak berhasil menyentuh puncak tertinggi gunung Mercedario, Pol Tarrres telah mencapai titik tertinggi yang pernah dicapai oleh motor dua silinder bersama Yamaha Tenere T7 dengan ketinggian 6157,5meter.

Sumber: Youtube Pol Tarres

Mereka yang pernah menaklukkan ketinggian menggunakan motor

Sebelumnya, sudah pernah ada rider yang menaklukkan sebuah gunung menggunakan motor. Pada Februari 2020 seorang rider enduro berkebangsaan Swiss yaitu Jiri Zak mengklaim telah memecahkan rekor dunia dengan riding pada ketinggian 21,476 feet atau (6546m) menggunakan KTM 450 EXC-F.

Pada 2017, seorang rider enduro asal Chile Fabio Mossini memecahkan rekor dunia dengan riding mencapai ketinggian 19,570 feet (5965m) menggunakan motor dua silinder yaitu Africa Twin DCT.

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending