Terhubung dengan kami

Event

Royal Journey Heritage: Kenal Budaya, Tingkatkan Skill Berkendara

mm

Diterbitkan

di

Budaya Sunda

IRA Media – Kenikmatan berkendara hadirkan bermacam rasa, mungkin itu yang dapat menggambarkan sensasi Sahabat IRA hingga akhirnya mencintai kebiasaan berkendara. Namun di tahun 2022 ini secara tidak langsung kita akan lebih banyak riding sambil mengenali budaya, salah satunya adalah budaya Sunda. Kegiatan perdana ini dinamai Royal Journey Heritage, dilaksanakan pada Sabtu, 5- Ahad, 5 Maret 2022.

Budaya Sunda adalah salah satu kearifan lokal yang terdekat dengan aktivitas Indonesia Ride Adventure (IRA). Setelah sunda tidak menutup kemungkinan kita akan mengenalkan budaya lain di Indonesia melalui kegiatan motoran. Terbuka untuk pengendara motor apapun, yang penting kita sama-sama mendapatkan kebahagiaan dalam aturan yang ada.

Nikmatnya riding bersama

Perjalanan dimulai dari salah satu rumah makan cepat saji di daerah Gaplek, Tangerang Selatan. Jack Maulana, founder Indonesia Ride Adventure (IRA) menyampaikan bahwa rute perjalanan mengenal budaya Sunda dengan tema Royal Journey Heritage menempuh rute Gaplek, Gunung Sindur, Cianten, Cikidang, Palabuhanratu, Cisolok, dan Ciptamulya.

Adapun untuk jalur pulang melanjutkan rute dari Ciptamulya, Bayah, Malingping, Rangkasbitung, dan Finish di BSD. Dari situ peserta yang terdiri dari member komunitas Royal Enfield Tangerang Raya Owner (RETRO) dan perwakilan dari Royal Enfield Indonesia bebas untuk menuju rumah masing-masing.

Salah satu peserta Journey Heritage, Rezha Pn sekaligus founder dari RETRO menyampaikan, “Perjalanan ini sangat menyenangkan, mengingatkan kembali kita kepada kearifan lokal yang banyak ditinggalkan. Apalagi ketika kami tiba di kawasan Ciptamulya kebersihan desanya sangat terjaga, adat dan budaya masih dijunjung tinggi. Bahkan selama berada di desa kami harus tetap menggunakan iket sunda,”

Pelatihan teknik berkendara dan praktek

Mengingat IRA adalah bentuk dari salah satu media otomotif yang juga memiliki wadah pelatihan dual-purpose dan pegelola kegiatan dual-sport, jadinya setiap kegiatan yang dilakukan akan ada unsur edukasi. Menariknya kontur jalan Royal Journey Heritage ini sangat menantang, sementara peserta yang menggunakan motor ber-cc gede masih banyak yang keterampilan berkendaranya terbatas.

Area Kasepuhan Ciptamulya memiliki lapangan yang luas, di sela-sela waktu peserta menikmati kearifan lokal daerah setempat Jack Maulana menginisiasi diadakannya kegiatan coaching clinic technique dual-purpose. Di antara materi yang disampaikan adalah bagaimana mengelola pandangan mata selama berkendara, posisi berkendara di berbagai medan jalan, cara berkendara di medan berpasir dan kerikil.

Rezha Pn merasakan materi yang disampaikan sangat bermanfaat, bahkan untuk perjalanan pulang dirinya merasa lebih percaya diri dalam mengendalikan sepeda motor adventure Royal Enfield Himalayan 411cc. Dan satu lagi yang membuat semua peserta merasa bahagia adalah ketika abah A.E. Suhendri Wijaya menyambut kedatangan peserta dan memasangkan iket khas Ciptamulya. ##

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending