Terhubung dengan kami

Tips & Tricks

Angkat Motor Tanpa bikin Cedera Pinggang? Begini Caranya

mm

Diterbitkan

di

Buat riders yang sering melakukan riding dual sport atau dual purpose pasti pernah mengalami terjatuh dari motor kan? Baik terjatuh karena tidak mampu melewati suatu obstacle ataupun salah dalam memilih jalur dengan kontur batu atau tanah licin.

Ternyata mengangkat sebuah motor saat jatuh tidak boleh sembarang lho, ada beberapa teknik yang bisa dipelajari agar saat mengalami kendala terjatuh tidak salah langkah saat melakukannya. Teknik ini pun tidak akan mencederai si riders nya sendiri saat mengangkat motornya.

Berikut ini 7 (tujuh) tips untuk mengangkat motor yang benar dan tidak mencederai riders.

  1. Lihat kondisi jalanan. Saat terjatuh dapat terjadi di jalanan menanjak atau datar. Perhatikan kondisi jalanan serta kontur permukaan jalan apakah tanah, bebatuan ataupun aspal. 
  2. Cut off mesin. Matikan mesin motor saat terjatuh, kondisi ini dilakukan untuk menghindari motor tiba-tiba berjalan sesaat motor telah diberdirikan.
  3. Masukkan ke gear posisi 1. Memasukkan ke gear posisi 1 (satu) bertujuan untuk menahan laju ban. Misal terjatuh saat ditanjakan, maka motor tidak akan dapat bergerak mundur kebelakang sesaat setelah berdiri.
  4. Perhatikan motor rubuh ke kanan atau ke kiri. Apabila kondisi motor terjatuh ke bagian kanan, maka sebelum mengangkat motor turunkan terlebih dahulu standar samping motor. Gunanya adalah apabila motor sudah terangkat maka standar akan menahan beban motor. Lalu bagaimana bisa terjatuh ke kiri? Tidak perlu menurunkan standar samping terlebih dahulu, standar samping akan diturunkan sesaat setelah motor berhasil diangkat.
  5. Pastikan pijakkan kaki kuat. Pijakan ini harus kuat agar kaki dapat menopang tubuh saat mengangkat dan mendorong kaki agar stabil saat mengangkat motor. 
  6. Mengangkat motor dengan posisi badan membelakangi motor. Cara mengangkat motor yang benar adalah dengan posisi badan membelakangi motor, posisi satu tangan memegang stang motor dan satu tangan lagi memegang bagian body dari motor yang sekiranya cukup stabil untuk diangkat. Cara mengangkatnya pun menggunakan kekuatan kaki dengan menekan posisi injakan bukan menggunakan tenaga dari tangan. Ambil posisi jongkok ataupun menduduki bagian jok motor lalu dorong perlahan menggunakan kekuatan dari kaki. Dengan kondisi ini tidak akan mencederai bagian pinggang dan bahu.
  7. Panggil teman. Ini merupakan cara paling mudah yang bisa dilakukan dan tanpa perlu untuk membuat diri sendiri lelah. Cukup panggil teman dan meminta bantuan untuk mendirikan motor. 

Lalu bagaimana dengan moge? Ya, teknik tersebut pun cocok diaplikasikan ke semua jenis motor apapun. Semua teknik ini merupakan teknik utama yang kerap digunakan oleh para riders untuk mengangkat motor apapun jenis motornya.

Nah, 7 (tujuh) tips tersebut dapat dilakukan saat mengalami jatuh saat riding. Dengan mengetahui cara yang baik dan benar ini dipastikan riding akan semakin seru tanpa takut terjadi kendala selama perjalanan. 

Jangan lupa untuk ikuti terus segala berita serta informasi mengenai kegiatan adventure bersama Indonesia Ride Adventure di situs https://indonesiarideadventure.com/ dan sosial media instagram di @indonesiaride_adventure dan bergabung di grup facebook Indonesia Ride Adventure.

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending