Terhubung dengan kami

Event

Apa Saja Sih Yang Perlu Diperhatikan Saat Riding Dual Purpose? Berikut Kebutuhannya

mm

Diterbitkan

di

Apa Saja Sih Yang Perlu Diperhatikan Saat Riding Dual Purpose? Berikut Kebutuhannya

Semasa pandemi semakin banyak orang yang tertarik untuk melakukan perjalanan di luar ruangan. Kegiatan ini lebih diminati karena peran udara yang segar dan dapat menghindari kerumunan menjadi alasan utama. Berbagai kegiatan diluar ruangan seperti berkemah, dan berkendara mencari keindahan bisa menjadi pilihan. Apalagi bagi para pecinta roda dua, menikmati keindahan alam Indonesia yang masih tersembunyi dengan berkendara motor akan menjadi sensasi sendiri.

Riding dual purpose membutuhkan persiapan lebih. Mengapa persiapan dibutuhkan, karena saat riding kita tidak ingin mengalami kendala yang cukup berarti. Meski terlihat seperti berkendara seperti biasa, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai berkendara.

Berikut ini adalah yang perlu disiapkan untuk melakukan riding dual purpose;

Gunakan ban dengan spesifikasi dual purpose

Salah satu faktor utama ialah penggunaan ban dengan spesifikasi khusus dual purpose. Ban dual purpose saat ini telah banyak dipasaran. Ban ini memiliki karakter untuk bisa digunakan baik di jalanan aspal, tanah dan bebatuan. Dengan menggunakan ban jenis ini akan memudahkan riders dalam melakukan handling dan mendapatkan traksi dari ban pada jalur non aspal.

Kurangi tekanan ban saat melalui jalur bebatuan

Jika terbiasa melalui jalur-jalur aspal, ban dengan tekanan penuh sangatlah nyaman. Berbeda dengan dengan riding dual purpose, tekanan ban harus dikurangi untuk mengurangi pantulan keras ataupun efek licin dari  tanah dan bebatuan. Mengurangi tekanan ban bertujuan agar ban dapat menyesuaikan dengan kontur jalan yang dilalui. Tekanan sekitar 15-20 psi umumnya sering menjadi patokan bagi para riders yang kerap melakukan melalui jalanan non aspal. 

Perhatikan tinggi motor dengan tanah

Ground clearance alias jarak tanah dengan motor. Ground clearance ini sangat penting karena jalur akan yang melalui jalan bebatuan yang mungkin saja akan menghantam bagian bawah dari mesin motor. Untuk kendaraan motor sport touring yang banyak di pasaran umumnya sudah diperhatikan jarak ketinggian ini dan biasanya tidak membutuhkan ketinggian seperti motor trail yang memang sudah diciptakan untuk jalanan non aspal.

Persiapkan kunci – kunci yang dibutuhkan

Kita tidak pernah berharap jika terjadi kendala selama perjalanan, namun jika terjadi sesuatu setidaknya kita sudah siap antisipasi. Apabila terjadi sesuatu, maka kita dapat melakukan perbaikan sendiri tanpa perlu mencari bengkel. 

Toolkit bawaan dari motor umumnya sudah mengcover segala kebutuhan di motor, namun apabila di kendaraannya menggunakan banyak aksesoris pastikan membawa kunci tambahan jika saat diperjalanan aksesoris tersebut mengalami kendala.

Jangan lupa membawa jas hujan

Berkendara sepeda motor harus siap perubahan cuaca yang terjadi. Hujan kerap menjadi kendala saat perjalanan, sehingga perlu disiapkan jas hujan yang dapat melindungi diri dan barang bawaan yang dibawa.

Supply air minum selalu tersedia

Riding dual purpose kerap masuk ke daerah yang jarang ditemukan warung. Persiapan air minum pribadi sangatlah penting untuk memastikan agar selama perjalanan tubuh tetap terhidrasi secara baik. 

Gunakan gear riding yang aman dan nyaman

Saat berkendara dual purpose pastikan menggunakan gear riding yang aman dan nyaman. Mulai dari jaket, helm, protektor siku dan lutut, sepatu khusus riding, celana adventure hingga sarung tangan merupakan gear wajib yang digunakan untuk mengurangi resiko terjadinya cedera apabila mengalami kecelakaan. 

Apabila sudah menyiapkan segala kebutuhan tersebut, maka riding dual purpose pun akan terasa lebih menyenangkan dan siap menjelajahi keindahan alam yang masih tersembunyi. 

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending