Terhubung dengan kami

Riders Story

Bagaimana Sebuah Jam Pintar Menyelamatkan Riders Saat Terjatuh

mm

Diterbitkan

di

Teknologi saat ini sudah sangat maju. Segala hal saat ini telah terhubung dengan konektivitas antar teknologi. Semenjak pandemi pun teknologi pun turut andil dalam perubahan cara kita melakukan banyak hal. Mulai dari kegiatan pribadi sampai kegiatan bersama seperti bekerja pun turut menggunakan teknologi.

Kecanggihan teknologi saat ini tidak hanya dalam penciptaan perangkat lunak yang digunakan dalam bentuk aplikasi dalam smartphone saja, tapi perkembangan perangkat keras pun turut meningkat. Seperti saat ini penggunaan earphone tanpa kabel, jam tangan pintar dan barang elektronik lain sudah mendukung kegiatan keseharian para penikmat teknologi dan orang yang harus memanfaatkan teknologi.

Sebuah jam tangan pintar yang dapat membantu dalam keadaan emergency

Baru-baru ini, seorang pengendara motor yang terlibat dalam kecelakaan diselamatkan oleh smartwatch Apple Watch Seri 4 yang digunakannya. Kejadian yang  melibatkan seorang pengendara motor dengan sebuah van ini terjadi di jalan raya di Singapura. Jam tangan pintar yang dibuat oleh perusahaan asal Amerika ini telah disematkan sebuah fitur pendeteksi Hard Fall yang dapat mendeteksi penggunanya saat terjatuh dengan tidak wajar dan penggunanya hilang kesadaran.

Kejadian kehilangan kesadaran tidak hanya dapat terjadi saat terjadi kecelakaan, tapi juga beberapa kasus di Amerika telah sempat terjadi dan jam tangan pintar ini sangat membantu memberikan informasi kepada orang disekitarnya. 

Memberikan notifikasi kepada orang terdekat

Saat terjadi kecelakaan, jam pintar lansiran Apple ini mengirim notifikasi kepada kontak yang telah dipilih jika terjadi suatu hal emergency. Tidak hanya ke kontak emergency, tapi juga ke lokal emergency seperti pihak kepolisian atau ambulance untuk memberikan pesan telah terjadi kejadian yang tidak wajar terhadap pengguna jam pintar berikut dengan lokasinya.

Pengguna akan mendapat alert terlebih dahulu

Jam pintar akan memberikan alert terlebih dahulu dalam bentuk bunyi alarm dan muncul notifikasi di layar jam pintar kepada pengguna sebelum melakukan panggilan kepada kontak emergency. Jika tidak ada respon dari si pengguna maka jam pintar akan mengirim notifikasi dan/atau melakukan panggilan kepada kontak emergency.

Jam pintar dengan pendeteksi Hard Fall

Jam pintar dengan fitur deteksi hard fall ini tersedia di Apple Watch seri 4 ke atas sesuai dengan klaim dari Apple. Selain Apple Watch beberapa brand lain seperti Samsung Galaxy Watch 3 dan beberapa seri dari jam pintar Garmin juga telah dilengkapi dengan fitur ini.

Teknologi pendeteksi hard fall pada jam tangan pintar ini sangat membantu para riders saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Apabila terjadi maka kontak emergency akan dapat mengetahui dalam waktu selang 60 detik setelah alert yang diberikan kepada pengguna tidak direspon. Selain itu, si penerima notifikasi emergency akan mudah mengetahui lokasi kejadian di waktu yang sama, karena jam tangan ini juga memberikan titik lokasi kepada si penerima notifikasi kontak emergency.

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending