Terhubung dengan kami

Charityhood

Apple AirTags, Teknologi Kekinian Menjaga Motor Kesayangan

mm

Diterbitkan

di

Apple Airtags

Pencurian kendaraan bermotor baik mobil maupun motor merupakan hal yang sangat kita hindari. Sehingga pengamanan kendaraan ialah salah satu hal yang sangat diutamakan oleh para pemilik kendaraan. Mulai dari penggunaan kunci ganda hingga memanfaatkan teknologi yang tersedia. Namun, tetap saja pencurian kendaraan terkadang luput dari penglihatan kita. 

Saat ini, teknologi merupakan hal yang sangat umum digunakan dalam sehari-hari. Mulai dari smartphone, komputer hingga sistem keamanan dalam kendaraan itu sendiri. Beberapa kendaraan bermotor sudah dilengkapi oleh teknologi yang disematkan dalam kendaraan untuk sistem keamanan. Namun, teknologi itu biasanya hanya tersedia pada motor-motor kelas menengah ke atas. 

Lalu, bagaimana bila kendaraan kita belum tersedia fitur khusus tersebut?

Pada bulan Agustus lalu, seorang riders dari Washington kehilangan motornya yang biasa ia tempatkan diparkiran apartemen. Dengan menggunakan aplikasi Find My App yang ada di smartphone Iphone nya dengan mudah riders tersebut menemukan dimana motornya saat ini. 

Apakah iphone menempel bersama si motor? Tentu tidak, Apple secara resmi meluncurkan Apple AirTags pada bulan April 2021 lalu. Apple AirTags merupakan sebuah device mini yang dapat menyambungkan ke aplikasi Find My App yang di tersedia di smartphone Iphone. Si pemilik dapat melacak lokasi keberadaan barang yang disematkan dengan AirTags tersebut.

Pada saat ditemukan motor hanya terparkirkan tanpa ada orang disekitarnya. Berdasarkan situs Appleinsider mungkin saja device mini ini mengirimkan notifikasi kepada semua orang yang menggunakan Iphone yang berada di sekitar AirTags jika motornya bukan dikendarai oleh sang pemiliknya. Sehingga alasan ini dianggap diketahui oleh sang pencuri dan meninggalkan kendaraan yang dicurinya.

Apple AirTags dapat disematkan pada barang apapun.

Secara resmi, Apple tidak menciptakan Apple AirTags untuk sistem keamanan pada kendaraan. Namun, Apple mengklaim device ini dapat ditempatkan pada barang apa saja yang sering terlupakan. Seperti pada iklan resminya, Apple AirTags ditempatkan pada kunci rumah. Pada iklannya tersebut si pemilik kunci menyalakan aplikasi Find My App dan diarahkan untuk menemukan kuncinya yang ternyata ada dibalik sofanya yang dalam. 

Device mini yang bisa ditempatkan dimana saja.

Dalam situs resmi Apple, produk ini merupakan sebuah device mini yang dapat ditempatkan dimana saja. Seperti pada kunci, tas tangan, tas punggung dan barang lainnya. Device ini terbuat dari bahan stainless steel dengan IP67 anti air dan debu. AirTags menggunakan batu barerai yang diklaim dapat aktif dalam jangka waktu satu tahun tanpa pergantian baterai. Apple juga tidak lupa untuk menciptakan aksesoris untuk produknya yang satu ini, salah satunya ialah sarung kulit yang bekerjasama dengan merek fashion ternama, Hermes.

Menampilkan notifikasi jika hilang atau jauh dari pemilik.

Apple AirTags akan menampilkan notifikasi kepada Iphone yang terhubung jika barang jauh dari sekitar device. Notifikasi akan muncul jika barang yang disematkan tidak terhubung secara dekat dengan Iphone yang terkoneksi.

Meski bukan alat yang diciptakan oleh Apple untuk keamanan sebuah kendaraan, rasanya produk ini dapat digunakan oleh para riders untuk antisipasi jika sewaktu-waktu motornya berpindah tangan. Penggunaan device mini ini akan memudahkan riders melacak keberadaan kendaraan jika hal buruk terjadi.

Lanjutkan Membaca
1 Komentar

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending