Terhubung dengan kami

Review

Teknologi listrik, Mesin Motor Adventure Masa Depan?

Diterbitkan

di

Teknologi listrik, Mesin Motor Adventure Masa Depan?

Saat ini kita ketahui bahwa mesin listrik sudah mulai diaplikasiakan kebanyak kendaraan. Mulai dari mobil, motor bahkan sepeda pun turut menggunakannya. Teknologi listrik telah digunakan dan diprediksi akan menjadi salah satu kendaraan masa depan yang akan menuntut orang beralih dari penggunaan bensin ke listrik.

Kendaraan roda dua menggunakan listrik kini mulai di minati oleh para produsen motor

Kendaraan listrik di masa modern seperti di anggap sebagai solusi dari maraknya iklim pemanasan global. Solusi ini hadir sebagai pemberian manfaat agar bumi dapat lebih terjaga dan dapat memiliki umur yang lebih panjang. 

Sedangkan penggunaan bahan bakar bensin semakin dianggap merusak bumi. Tidak hanya isi perut bumi yang semakin menipis persedian minyak tapi juga mendorong faktor pemanasan global yang kerap terjadi.

Mesin listrik lebih ramah lingkungan

Kendaraan yang menggunakan mesin listrik dianggap lebih ramah terhadap lingkungan. Kendaraan listrik dianggap lebih ramah lingkungan karena emisi dari kendaraan ini lebih kecil dibandingkan dengan kendaraan konvensional yang masih menggunakan bahan bakar bensin.

Dikutip dari katadata.co.id emisi CO2 dari BEV atau mobil listrik murni hanya 0-5 gram/km. Sementara emisi CO2 dari mobil konvensional mencapai 125 gram/km. Dengan alasan ini maka kendaraan listrik lebih tidak ramah akan lingkungan sekitar. 

Perawatan kendaraan yang lebih murah

Kendaraan listrik pun memiliki keuntungan lain yaitu perawatan yang lebih terjangkau. Kendaraan listrik hanya memiliki sedikit komponen yang bergerak. Sehingga tidak banyak komponen yang harus dirawat secara berkala. Perawatan utama yang harus menjadi perhatian yaitu baterai dari kendaraan serta perawatan seperti rem. 

Namun tidak perlu khawatir karena para produsen kendaraan listrik umumnya telah memberi jaminan dalam bentuk garansi baterai yang digunakan. Sehingga perawatan baterai kendaraan tidak perlu cukup sering dilakukan perawatan.

Kendaraan listrik lebih tidak bising

Kendaraan listrik juga dianggap lebih aman di telinga. Dikutip dari katadata.co.id kendaraan listrik hanya menghasikan 21 desibel, sedangkan kebisingan di kota Jakarta mencapai 76 desibel. Kendaraan motor pada umumnya dengan kapasitas mesin cc 150 menggunakan knalpot pabrikan dapat menghasilkan sampai 90 desibel saat diam namun dapat meningkat apabila sudah mulai dijalankan.

Telah tersedia di Indonesia

Beberapa line up motor listrik telah tersedia di Indonesia. Motor dengan merek dagang seperti Zero Motorcycles, Benelli dan merek lokal seperti Viar telah menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan ini. kehadiran motor listrik akan mendorong para pecinta otomotif mulai menjajal kendaraan yang akan ramai digunakan pada masa depan. 

Meski belum terlalu diminati oleh para pecinta otomotif di Indonesia, namun pemerintah mencanangkan kendaraan ini akan mulai banyak digunakan pada tahun 2030 mendatang. Keberanian ini akan mendorong Indonesia menjadi negara yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi tingkat global warming, khususnya dalam negeri dan mengurangi penggunaan bensin untuk kendaraan. 

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending