Terhubung dengan kami

Review

CFMOTO 800mt, Mocin Bermesin KTM 790 Adventure

Diterbitkan

di

CFMOTO 800mt, Mocin Bermesin KTM 790 Adventure

Motor adventure kian digandrungi di seluruh dunia. Tidak hanya pabrikan asal Jepang, Amerika dan Eropa saja yang fokus dalam pengembangan motor adventure, kini pabrikan asal Asia lainnya seperti Tiongkok dan India juga turut dalam persaingan motor di kelas adventure.

Motor adventure memang sejatinya ditujukan bagi para riders yang senang menjelajah ke daerah-daerah dengan kontur jalan yang beragam. Diciptakannya motor adventure akan menjadi sebuah kendaraan yang mampu menghadapi kontuk, baik jalanan on-road dan off-road. Sehingga akan memberikan pengalaman tersendiri bagi si riders.

Geliat pabrikan Tiongkok dalam motor adventure

Meski belum lama banyak bermain dalam motor adventure, pabrikan Tiongkok rasanya sangat paham akan kebutuhan para riders pecinta adventure. Mulai dari kendaraan yang nyaman dikendarai hingga kecanggihan teknologi yang disematkan pada motor. Faktor ini akan membawa motor adventure asal Tiongkok dirasa akan menjadi pesaing tangguh bagi pabrikan yang sudah ada.

Motor canggih asal Tiongkok CFMOTO 800mt 

Pada tahun 2021 ini CFMOTO yang merupakan pabrikan asal Tiongkok meluncurkan motor bergaya adventure dengan nama CFMOTO 800mt. Motor bermesin 799 cc ini telah diluncurkan pada gelaran Shanghai Auto Show 2021 lalu. Motor dengan tampilan adventure touring ini diluncurkan dalam dua tipe roda, satu yang menggunakan pelek jari-jari dan pelek palang.

Kerjasama dengan KTM

CFMOTO nyatanya tidak sendiri dalam membangun motor ini, mesin LC8 twin paralel yang digunakan merupakan buatan dari KTM. Mesin ini merupakan mesin yang sama digunakan oleh KTM 790 Adventure. Mesin asal pabrikan Austria ini mampu menghasilkan tenaga 94 dk dan torsi maksimal 77nm. Berbeda dengan pengguna aslinya yiatu KTM 790 Adventure yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 95 dk dan torsi 88nm. Selain itu yang memperlihatkan motor ini begitu KTM yaitu terdapat logo MOTOREX pada bagian bak kopling. Logo ini menyerupai motor-motor KTM lainnya.

Selain mesin yang sama dengan KTM terdapat juga kesamaan lainnya dengan KTM 790 Adventure yaitu chassis motor. Motor ini diperkirakan memiliki berat kosong sekitar 231 kg dan 248 km saat dipasangkan side dan top panniers.

Menawarkan teknologi yang umum ada di motor kelas adventure pabrikan Jepang, Amerika dan Eropa

Mengusung tema motor adventure modern, CFMOTO 800mt ini telah dibekali oleh fitur elektronik, seperti throttle-by-wire, ABS Cornering, Traction Control dan riding mode. Sedangkan pada panel instrumen dashboard motor telah terpasang layar TFT 7 inci full digital dengan fitur navigasi yang telah built-in.

Selain itu, motor ini juga telah dilengkapi oleh heated-grips dan heated seat yang sudah menjadi standar motor-motor adventure yang banyak beredar di pasar Amerika dan Eropa karena memiliki iklim cuaca dingin.

CFMOTO telah ada sejak 1989, perusahaan yang fokus penjualan sepeda motor, ATV dan mesin supersport ini telah mendistribusikan produknya ke 2000 jaringannya diseluruh dunia. CFMOTO di Indonesia kini masih menyediakan ATV offroad yang kerap digunakan untuk berwisata off-road di daerah perbukitan dan pegunungan, namun belum fokus dalam penjualan roda dua secara luas. Beredar kabar jika motor bergaya adventure ini akan mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun depan.

Adakah yang berminat membawa pulang motor 800cc ini?

Baca juga: Dahaidao 500 GS-Adv, Motor Africa Twin Versi Mini

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending