Terhubung dengan kami

Riders Story

Dahaidao 500 GS-ADV, Africa Twin Mini Asal Tiongkok

Diterbitkan

di

Dahaidao 500 GS-ADV, Africa Twin Mini Asal Tiongkok

Pasar otomotif roda dua khususnya motor adventure tidak pernah tenggelam. Tingginya geliat pasar motor adventure memberikan kesempatan pabrikan untuk terus melahirkan motor dua alam yang kian digandrungi, tidak hanya bagi pasar asia saja tapi juga pasar dunia. 

Salah satu yang cukup baru lahir pada awal 2021 ini ialah motor yang menyerupai Honda Africa Twin atau CRF 1100L, yaitu Hengjian Dahaidao 500 GS-ADV. Motor yang berasal dari pabrikan asal Tiongkok ini lahir dan mencoba bersaing dengan kompetitor yang juga mengisi pasar motor-motor adventure yang sudah ada.

Meski secara tampilan sangat menyerupai, namun ada bedanya

Hengjian Dahaidao 500 GS-ADV secara tampilan sangat menyerupai Honda Africa Twin. Secara tampilan meski tidak menopang mesin sebesar Africa Twin, motor ini disebut juga sebagai Africa Twin versi mini. Meski dianggap mengikuti tampilan merek lain, pabrikan Hengjian turut melakukan inovasi kekinian yang dianggap sebagai pembeda. 

Motor yang lahir dengan membawa mesin 500 cc ini mendapat julukan dalam situs advrider.com sebagai Africa Twin Mini. Kita bisa mengetahui karena si motor aslinya menggendong mesin 1100 cc dan Hengjian Dahaidao 500 GS-ADV hanya menyematkan mesin 500 cc. Jadi pantas saja motor ini mendapat julukan sebagai Africa Twin Mini.

Tampilan mesin yang juga masih mirip 

Jika dilihat penampakan dari mesin Hengjian Dahaidao 500 GS-ADV sangat mirip dengan Africa Twin. menggunakan 2 silinder dan tampak padat dibagian bawah tanki. Kesan kokoh dan gahar jelas ingin ditunjukkan pada motor ini. Selain itu, sebagai salah satu ciri motor adventure yaitu kombinasi roda 21-18 juga telah disematkan oleh pabrikan motor yang sudah ada lebih dari 30 tahun ini.

Mesin dengan kubikasi 500 cc dengan 2-silinder, DOHC berpedingin cairan ini diklaim mampu mengeluarkan power maksimum mencapai 47 Hp dan mengeluarkan torsi 43 Nm. Dengan power yang besar, motor ini mampu mampu menyimpan bensin mencapai 23 Liter pada tanki utama dan 17 Liter dalam tanki cadangan yang berada di bawah jok penumpang.

Kecanggihan teknologi yang terpasang 

Meski pabrikan asal Tiongkok, nyatanya motor ini menawarkan fitur yang terbilang kekinian. Instrumen layar ganda yang berukuran 7 inci sebagai tampilan indikator pada dashboard motor. Dalam layar tersebut rider dapat mengkoneksi smarpthonenya via bluetooth dan kelebihan lainnya yaitu terdapat informasi tekanan ban dalam layar tersebut.

Terdapat juga kamera depan dan belakang yang mampu merekam perjalanan. Kehadiran kamera depan dan belakang memang sedang digandrungi oleh pabrikan-pabrikan asal negara tirai bambu ini, karena beberapa merek lain seperti Zongshen RG3400 dan Dayang ADV 150 cc juga menyematkan teknologi ini pada tunggangannya. Namun, hingga saat ini belum beredar informasi mengenai resolusi yang tersedia pada kamera tersebut.

Sistem pengeraman ABS Dual Channel

Sebagai motor adventure, motor ini telah dibekali oleh rem cakram ganda di depan dengan diameter 320 mm. Kaliper 4 piston buatan J-Juan juga telah disematkan secara radial. Sistem pengereman roda belakang yaitu 220 mm dyang dijepit oleh kaliper satu piton. Sistem pengereman ABS dual channel juga telah terpasang pada motor ini serta dapat di nonaktifkan pada rem bagian belakang.

Selain meniru Honda Africa Twin, pabrikan Chingqing hengjian Motorcycle Manufacturing Co., Ltd ini juga memiliki motor tiruan lainnya, Honda CB500X dengan nama Hengjian 500x. Meski pabrikan ini kerap meniru motor-motor yang sudah ada namun penambahan fitur serta kecanggihan lainnya tetap diutamakan demi keamanan bagi para ridernya. 

So, berminat membeli jika masuk ke Indonesia?

Baca juga: Gasber Edisi 5 bersama Jamilo’s journey

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending