Terhubung dengan kami

Review

Pelek Jari-jari, Nyaman Saat Adventure

Diterbitkan

di

Pelek Jari-jari, Nyaman Saat Adventure

Pelek jari-jari dan pelek palang merupakan dua jenis pelek yang kerap hadir dalam kendaraan roda dua. Pelek Jari-jari atau yang kerap juga disebut spoke wheels. Baik pelek jari-jari maupun palang memiliki perbedaan yang mendasar berdasarkan fungsi dan karakter dari pelek tersebut. Motor-motor yang lebih banyak melalui jalur-jalur lebih ringan, seperti aspal dan jalan-jalan sedikit berbatu lebih banyak menggunakan pelek palang. Sedangkan kendaraan yang banyak melalui jalur-jalur bebatuan serta tanah menggunakan spoke wheels. 

Produsen telah merancang motor dengan sedemikian rupa untuk menyesuaikan karakter tipe motor, apakah adventure, sport, atau sport touring. Seperti motor sport akan menggunakan pelek palang. Selain, tampilan yang sporty pelek palang pun akan membuat motor lebih stabil saat dalam kecepatan tinggi dan tikungan. Begitupun dengan motor berjenis adventure, penggunaan pelek jari-jari akan lebih diutamakan karena akan lebih lentur saat digunakan pada jalanan berbatu dan tanah.

Keunggulan pelek jari-jari saat berpetualang

Spoke wheels sangat mengungguli pelek palang untuk berpetualang. Spoke wheels akan selalu disematkan pada motor-motor yang berjenis adventure untuk melalui jalanan yang tidak terperediksi. Jalur batu, tanah dan pasir akan lebih mudah di lalui untuk motor-motor yang menggunakan jari-jari. 

Saat ini geliat motor adventure semakin tinggi, produsen motor pun semakin menggoda konsumen dengan beragam jenis motor bergenre adventure yang kian banyak di pasaran. Apakah karena banyak para bikers Indonesia yang doyan turing?

Pelek jari-jari lebih lentur

Menggunakan pelek jari-jari pada motor adventure bukan tanpa alasan. Salah satu alasannya ialah kelenturan dari pelek jari-jari. Motor adventure lebih banyak melalui jalur-jalur yang lebih berat, seperi jalur batu, tanah dan pasir. Motor memerlukan pelek yang lentur sehingga bisa melalui jalanan tersebut tanpa kendala. Penggunaan pelek jari-jari akan memudahkan para bikers dalam melibas jalur-jalur tersebut. 

Baca juga: Pet helm adventure, berikut kelebihannya

Apabila motor menggunakan pelek palang, maka benturan motor akan lebih keras. Karakter dari pelek palang itu sendiri ialah kaku, yang membuat pelek ini kurang nyaman untuk meredam guncangan saat melalui jalanan berbatu. Sehingga apabila melalui jalur-jalur gravel akan membuat guncangan terhadap motor akan lebih keras serta membahayakan si pengguna motor. 

Bobot yang lebih lebih ringan

Sebagai motor untuk berpetualang jarak menengah hingga jauh, motor kelas adventure sangat memperhatikan bobot kendaraan. Salah satu bagian untuk mengurangi bobot motor secara keseluruhan ialah bagian pelek. Penggunaan spoke wheels pada motor adventure jelas membuat motor akan mengurangi bebannya daripada pelek palang. Dengan kata lain spoke wheels memliki bobot yang lebih ringan daripada yang palang, sehingga pelek ini sangat sesuai untuk motor yang bergenre adventure. 

Penggunaan Spoke wheels lebih cocok bagi motor petualang. Yuk yang masih menggunakan pelek palang di motornya segera di ubah ke Spoke wheels Biar perjalanan adventure semakin nyaman dan semakin jauh.

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending