Terhubung dengan kami

Tips & Tricks

Riding Dual Purpose Aman Dan Nyaman

mm

Diterbitkan

di

Riding dual purpose

Berkendara dual purpose merupakan kegiatan berkendara roda dua melewati beragam kondisi jalan. Tidak hanya melalui jalanan aspal saja tapi juga melalui jalan tanah atau bebatuan. Beragam kontur jalan yang kerap dilalui membuat baik pengendara maupun kendaraan harus siap menghadapi segala medan kontur jalan yang akan ditemui. 

Meski tidak berbeda jauh dengan kegiatan berkendara pada umumnya, berkendara dual purpose tetap mengutamakan faktor keamanan baik bagi pengendara maupun kendaraan. Alasannya ialah, berkendara dual purpose harus lebih berhati-hati karena jalur yang ditemui tidak melulu aspal seperti pada jalan-jalan utama yang sudah biasa dilalui.

Riding dual purpose, menyajikan berkendara ke tempat yang menarik

Biasanya berkendara dual purpose ditujukan ke tujuan-tujuan yang jarang dikunjungi banyak orang. Kontur jalan yang dilalui beragam, namun jalur tersebut merupakan jalur yang kerap dilalui oleh para warga desa disekitarnya. Menyambung antar desa satu dengan yang lainnya, kadang belum tersentuh aspal maupun beton layaknya dikota-kota besar. 

Namun, dibalik sulitnya jalan yang dilalui tersimpan pemandangan-pemandangan alam yang indah serta sangat memanjakan mata kita yang selalu memandangi gedung-gedung bertingkat. Untuk menikmati itu semua dibutuhkan usaha lebih untuk bisa mencapainya, sehingga para pengendara wajib memahami serta memenuhi kebutuhan saat berkendara dual purpose.

Baca juga

Tips penggunaan pannier untuk motor

Menata barang bawaan saat riding jauh

Penggunaan apparel yang memadai

Pemilihan dalam menggunakan apparel sangat krusial. Layaknya berkendara jarak jauh, pemilihan jaket ataupun celana yang mempuni untuk berkendara harus diperhatikan. Berkendara saat dual purpose memungkinkan kita terjatuh saat menghadapi medan yang sulit, maka dari itu pemilihan celana dan jaket yang tahan sobek menjadi pilihan terbaik untuk dikenakan.

Selain pemilihan bahan tahan sobek, pemilihan jaket dan celana yang memiliki air flow akan lebih disaranakan. Sirkulasi udara yang masuk maupun keluar ke bagian tubuh akan membuat badan tidak cepat panas dan tetap menjaga suhu tubuh saat berkendara. 

Gunakan protektor yang mumpuni

Pemakaian protektor pun tidak kalah penting. Penggunaan protektor lutut dan siku merupakan salah satu faktor yang wajib dikenakan saat riding dual purpose. Penggunaan protektor memiliki fungsi menjaga bagian tubuh penting apabila mengalami kecelakaan, salah satunya ialah terjatuh. Dengan menggunakan protektor akan mengurangi resiko cidera pada bagian tertentu apabila terjatuh dimedan seperti bebatuan, aspal ataupun tanah. 

Pemilihan ban yang tepat

Ban motor memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Penggunaan ban aspal dan untuk jalur berbatu berbeda. Agar tidak menyulitkan saat berkendara dual purpose, pemilihan ban tahu yang tidak terlalu besar merupakan pilihan terbaik. Saat ini pemilihan ban untuk dual purpose semakin banyak dipasaran, ban tersebut sudah dirancang oleh produsen agar mampu melalui jalur-jalur aspal, bebatuan dan tanah serta memudahkan pengendara saat berkendara.

Pelajari teknik berkendara dual purpose

Berkendara dual purpose tidak hanya menuntut sang pengendara duduk diatas jok motor saja. Ada beberapa teknik yang harus diketahui pengendara agar tetap aman saat menghadapi jalan-jalan yang berkontur bebatuan atau tanah. Seperti teknik berdiri saat melalui jalur bebatuan, mencondongkan badan ke depan saat tanjakan berbatu atau menarik pantat kebelakang sambil sedikit berdiri saat menghadapi turunan bebatuan.

Mempelajari teknik berkendara dual purpose akan membuat perjalanan dual purpose semakin aman dan nyaman, serta mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang tidak diingkan saat berkendara. 

Riding dual purpose yang aman dan nyaman merupakan hal yang perlu dipahami sebelum memutarkan gas. Mengetahui resiko saat berkendara dual purpose membuat pengendara wajib memahami setiap detil hal yang perlu disiapkan saat sebelum melakukan perjalanan.

Setelah menyiapkan segalanya, kini saatnya mulai putar gas motor kalian!

Lanjutkan Membaca
2 Komentar

1 Komentar

  1. Sematkan kembali: Dual Purpose, Pentingnya Memakai Protektor - adventuriderz.com

  2. Sematkan kembali: Teknik Mudah Melakukan Water Crossing - adventuriderz.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending