Terhubung dengan kami

Tips & Tricks

Pakaian Berkendara

Diterbitkan

di

Bermotor jarak jauh lintas propinsi memiliki resiko yang lebih tinggi daripada di dalam kota. Karena itu diperlukan perlengkapan berkendara yang bisa memberikan perlindungan yang lebih baik. Perlengkapan yang disarankan adalah:

  1. Helm fullface atau flip-up.
  2. Balaclava
  3. Jaket dengan pelindung bahu dan siku.
  4. Celana dengan pelindung lutut.
  5. Gaiters
  6. Sarung tangan
  7. Sepatu boot
  8. Body Armor

Rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Helm fullface atau flip-up akan memberikan perlindungan pada wajah dan kepala secara lebih baik dibandingkan dengan helm half face. Ada banyak kecelakaan dengan luka parah pada bagian wajah. Terutama dagu.
  2. Balaclava berfungsi untuk menyerap keringat dari kepala. Supaya keringat tidak mengalir dan mengganggu mata. Selain itu juga berfungsi untuk menahan debu yang bisa mengganggu pernapasan.
  3. Jaket dengan pelindung bahu dan siku akan menjaga benturan langsung yang bisa berakibat fatal. Terutama pada bahu. ‘Clavicula fracture’ atau patah tulang bahu adalah kasus yang terbanyak di Rumah Sakit.
  4. Celana dengan pelindung lutut. Biasanya lutut akan menjadi tumpuan secara refleks. Penggunaan pelindung bisa mengurangi dampak mekanis akibat benturan.
  5. Gaiters sering digunakan oleh pendaki gunung untuk mencegah agar pasir dan kerikil tidak masuk ke dalam sepatu. Bagi motoris yang sering blusukan, gaiters juga berfungsi untuk menahan lumpur. Gaiters tidak diperlukan bagi pengguna sepatu boot yang melindungi seluruh betis.
  6. Sarung tangan adalah wajib untuk mencegah cedera akibat bergesekan dengan lintasan ketika terjatuh.
  7. Sepatu boot dengan pelindung gesekan sangat disarankan untuk mengantisipasi benturan dengan batu.
  8. Body Armor sering digunakan oleh pemain motocross. Fungsinya melindungi bagian dada dan punggung dari benturan. Menggunakan body armor dalam perjalanan jauh sangatlah dianjurkan. Terutama bagi pengguna jaket tanpa pelindung bahu.

Pakaian berkendara adalah Safety Riding Gear, sedangkan Safety Riding adalah perilaku. Penggunaan helm dengan harga puluhan juta akan sia-sia kalau berani menantang maut dengan cara menghadapi kendaraan dari arah berlawanan. Atau menikung terlalu miring. Atau menjalankan motor diluar batas kemampuan. Safety Riding adalah Defensive Riding atau berkendara dengan cara bertahan/mengalah.

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending