Terhubung dengan kami

Event

MotoGP Luncurkan MiniGP World Series Ajang Balap Bagi Pembalap Usia Dini

Diterbitkan

di

MOTOGP telah dikenal sebagai ajang balap motor aspal termasyhur di dunia, selain Isle Man TT. Pembalap-pembalap kelas dunia pun telah banyak unjuk gigi dalam gelaran yang selalu berpindah-pindah lokasi balap ini. Gelaran MOTOGP selalu ditunggu oleh para pecinta otomotif khusus roda dua di dunia, melihat aksi-aksi menikung dan melewati antar pembalap menjadi ketertarikan sendiri dari ajang balap yang telah ada sejak tahun 1949.

Dunia balap motor MOTOGP sangat lekat dibenua Eropa. Mayoritas pembalap dan juaranya pun lebih sering berasal dari negara-negara di Eropa. Tak ayal karena, sejarah mengemukakan jika organisasi motor terbesar dan pertama di dunia dibuat di Paris pada tahun 1904 dengan nama Fédération Internationale des Clubs Motocyclistes atau sekarang lebih dikenal dengan nama Fédération Internationale de Motocyclisme (International Motorcycling Federation) atau FIM. Jauh sebelum MOTOGP dibuat, FIM telah melaksanakan berbagai macam balap motor sejak tahun awal kelahirannya hampir semua balapan dilangsungkan dan melibatkan para pecinta otomotif di benua biru tersebut.  

MiniGP World Series

Pada 2021, FIM dan Dorna Sport memperkenalkan MiniGP World Series. Menurut Jorge Viegas, Presiden FIM gelaran kompetisi ini memiliki tujuan untuk langkah awal para anak-anak yang memilki mimpi untuk bisa menjadi juara dunia MotoGP.  MiniGP World Series ini akan diikuti oleh para anak-anak yang berusia 10-14 tahun dan hanya akan ada 15 pembalap yang bisa mengikuti gelaran MiniGP World Series ini.

Gelaran MiniGP World Series ini akan dilangsungkan di Sirkuit Gokart. Pemenang dari setiap nasional, regional dan continental akan mendapat kesempatan untuk berlaga di World Final yang akan dilangsungkan diwaktu gelaran MotoGP berlangsung.  Pemenang akan mendapat kesempatan untuk menanjakkan karir di dunia balap motor. Seperti akses langsung ke Idemitsu Asia Talent Cup selection atau Honda British Talent Cup, Northern Talent Cup or European Talent Cup.

Diharapkan dengan hadirnya gelaran ini akan muncul bibit pembalap muda berbakat yang selanjutnya akan naik ke kelas berikutnya dan melanjutkan karirnya sebagai pembalap MotoGP yang berbakat dengan segudang pengalaman sejak muda. 

Menggunakan satu jenis pabrikan motor dan ban

Kompetisi akan menggunakan satu jenis motor yang sama untuk semua pembalap. Motor yang dipilih untuk digunakan dalam balapan anak-anak ini ialah Ohvale GP-0 160 dan menggunakan ban dari Pirelli. Ohvale merupakan pabrikan motor asal Italia yang memiliki konsep menawarkan kesenangan dan kemudahan dalam mengendarai motor yang sesungguhnya dan bergaya selayaknya seorang pembalap profesional.

Ohvale GP-0 160

Dengan motor yang memiliki bentuk mini ini diharapkan akan memudahkan pembalap yang masih belia untuk melakukan manuver-manuver yang benar-benar seperti pembalap dewasa pada umumnya. 

MiniGP World Series akan dimulai pada bulan July 2021 dan diharapkan sesi final akan dihelat tidak lebih dari tanggal 17 Oktober. Patut ditunggu aksi riders-riders muda ini untuk unjuk gigi dalam kelihaiannya mengendarai roda dua.

Baca Juga:

Trik aman Motoran Offroad

Tim Petualang Himalayan

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending