Terhubung dengan kami

Tips & Tricks

Postur Berkendara

Diterbitkan

di

Ada 7 (tujuh) anggota tubuh yang sangat penting dalam berkendara. Yaitu:

  1. Mata
  2. Pundak
  3. Siku
  4. Tangan
  5. Pinggul
  6. Lutut
  7. Kaki

Mata, harus memandang jauh ke depan. Mata adalah sensor utama yang akan melanjutkan informasi ke otak dalam waktu sepersekian detik. Selanjutnya otak akan memerintahkan bagian tubuh lain untuk bereaksi.

Pundak harus dalam keadaan santai. Ketegangan akan membuat kenyamanan berkendara akan berkurang. Badan jadi lekas letih.

Siku yang lurus akan menyulitkan bermanuver. Gerak setang ke kiri dan kanan akan menjadi kaku. Dianjurkan agar siku membentuk sudut. Idealnya 120 derajat. Pegangan tangan ke stang akan lebih kuat dan tidak membuat badan jadi cepat pegal.

Tangan memegang bagian tengah dari grip untuk memudahkan pengendara mengoperasikan putaran gas, tuas rem, kopling, sakelar dan tombol lainnya.

Pinggul adalah salah satu anggota tubuh yang mengendalikan arah motor. Posisi duduk ikut berpengaruh terhadap pinggul. Duduk terlalu jauh dari setang tidak baik. Begitu pula kalau terlalu dekat.

Lutut menjepit tangki. Hal ini berlaku pada motor tipe sport. Pada motor tipe bebek, posisi paha menjepit bagian depan jok. Pada motor bertipe moped atau matic, posisi ujung kaki kanan ada pada bagian dek, sementara kaki kiri agak mundur sehingga membentuk silang. Posisi ini akan memudahkan gerakan berbelok dan berdiri ketika harus mendadak melintasi lubang.***

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending