Terhubung dengan kami

Review

Blind Spot Pada Motor? Kini Teknologi Memudahkan Segalanya

mm

Diterbitkan

di

Blind Spot Pada Motor, Kini Teknologi Memudahkan Segalanya

Blind spot merupakan istilah yang sangat umum dalam dunia otomotif. Tidak hanya terdapat pada kendaraan roda empat atau lebih tapi juga terdapat di kendaraan roda dua. Blind spot menjadi salah faktor penting yang harus diperhatikan pengendara saat melaju menggunakan sepeda motor. 

Blind spot dapat di definisikan sebagai area yang tidak dapat dilihat secara langsung oleh pengendara. Area yang tidak dapat dilihat secara langsung oleh pengendara ini cukup berbahaya jika pengendara tidak awas dan memperhatikan pada area-area tersebut. Bagi pengendara motor, area blind spot terdapat di sisi kanan atau sisi kiri dan area belakang motor. Area tersebut membutuhkan usaha lebih untuk dapat dilihat, yaitu salah satunya dengan menolehkan pandangan ke sisi tersebut. Sehingga, terdapatnya area blind spot tersebut membuat pengendara harus kerap juga memperhatikan area tersebut saat berkendara.

Berlatih melakukan antisipasi saat berkendara pada area blind spot

Berkendara sepeda motor tidak hanya sudah dapat membuka gas dan melakukan pengereman. Memahami area blind spot juga penting bagi setiap pengendara agar tidak membahayakan diri sendiri dan juga pengendara lainnya. 

Menghargai setiap pengendara lainnya menjadi penting dalam setiap akselerasi yang kita lakukan. Seperti berpindah jalur, memutar balik dan pada saat berbelok. Setiap akselerasi tersebut membutuhkan reaksi agar tidak membahayakan pengendara lain dan juga diri sendiri. Mengikuti peraturan yang berlaku seperti melihat spion saat berbelok, menyalakan lampu riting sebelum berbelok merupakan langkah antisipasi paling mudah agar memberi keamanan pada pengendara lain. 

Hindari berada di area blind spot

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, lebih baik memilih area yang sekiranya bukan berada di area blind spot. Pada area blind spot dapat saja membahayakan sang pengendara, karena kita tidak pernah tahu reaksi apa yang akan dilakukan oleh pengendara lain saat kita berada di area tersebut. 

Memilih sekiranya area yang dapat tercover oleh fitur yang berada dikendaraan seperti spion akan lebih aman, karena pengendara lain dapat mengetahui posisi anda dari balik kaca spion dan akan memberi jarak antar pengandara.

Kaca spion, fitur sederhana paling membantu mengidentifikasi area blind spot

Kaca spion merupakan fitur wajib yang harus terpasang pada setiap kendaraan roda dua khususnya. Hadirnya spion membantu pengendara untuk mengidentifikasi area blind spot yang tidak dapat terlihat langsung oleh pengendara.

Terkadang fitur ini diremehkan oleh beberapa pengendara, namun saat berada dijalan raya spion sangat membantu untuk mengurangi resiko terjadinya kesalahpahaman antar pengguna jalan. Layaknya mobil yang akan berpindah jalur, pengendara akan memastikan area yang akan dipilih sudah aman dari kendaraan lain menggunakan kaca spion.

Teknologi membantu pengendara mengantisipasi area blind spot

Teknologi dewasa ini memiliki peran dalam keamanan berkendara. Seperti sebuah teknologi yang diciptakan oleh perusahaan asal Israel yang mengembangkan teknologi keamanan untuk sepeda motor. Ride Vision merupakan teknologi yang mengirim sinyal kepada pengendara dari sebuah kamera yang terpasang pada motor untuk berhati-hati terhadap kendaraan disekitar kendaraan kita.

Teknologi ini mengirim sinyal melalui lampu merah kecil yang dapat dipasangkan di spion motor untuk mengetahui apabila ada kendaraan yang mendekat atau ingin berpindah jalur ke jalur yang sedang kita lalui. Teknologi ini memiliki jangkauan 360° yang mengitari seluruh kendaraan kita. Pengendara akan mendapat sinyal dari seluruh jangkauan di seluruh kendaraan kita apabila terdapat kendaraan lain yang mulai mendekati atau masuk dalam radius teknologi yang kita sematkan dalam motor.

Teknologi membantu pengendara dalam mengidentifikasi area blind spot saat berkendara. Pengendara wajib harus selalu berhati-hati dengan kendaraan lain yang melakukan akselerasi yang tidak diketahui tanpa memberikan aba-aba saat di jalan. 

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending