Terhubung dengan kami

Sahabat IR-Adv

Campur Tangan Orang Indonesia di Honda ADV 150

mm

Diterbitkan

di

Rantau Mahardika

JAKARTA – Honda ADV 150 mulai menguasai pasar matik kelas menengah di Indonesia sejak kehadirannya di tanah air pada 18 Juli, bertepatan dengan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Dibalik kesuksesannya tersebut, ternyata ada campur tangan orang Indonesia yang merancang tampilan motor matik bergaya adventure tersebut.

Dialah Rantau Mahardika, orang Indonesia yang menjadi salah satu perancang Honda ADV 150 hingga cocok untuk pasar Indonesia juga pasar global. Kisah Rantau dalam merancang Honda ADV 150 terungkap setelah Honda Jepang merilis artikel khusus tentang desain Honda ADV 150 pada awal tahun 2020. Seperti apa sih kisahnya?

Dikutip dari berbagai sumber, Desain Honda ADV 150 ternyata dibuat berdasarkan survei dari bikers Indonesia. Sehingga ditemui bahwa sepeda motor dengan gaya petualangan memiliki potensi untuk pasar Indonesia.

“Pertama, kami melakukan survei pengguna di daerah perkotaan di Indonesia dan menemukan bahwa gaya petualangan memiliki potensi,” kata Rantau, pria lulusan ITB tersebut.

Ternyata tidak hanya Rantau, survei tersebut juga melibatkan berbagai desainer dari negara lain seperti desainer asal Thailand dan Italia. Tujuannya, agar Honda ADV 150 tidak hanya motor yang cocok untuk pasar Indonesia tapi juga cocok untuk pasar global.

Untuk memutuskan benar-benar desain dari Honda ADV 150, Honda juga melakukan sayembara internasional yang diikuti oleh seluruh negara yang pesertanya antara lain berasal dari Indonesia, Jepang, Thailand dan negara di Eropa seperti dikutip dari laman honda.co.jp.

Pemenangnya desain dari Thailand yang meniru tampilan X-ADV, lantaran dianggap memiliki semangat petualangan yang bisa diterima oleh seluruh dunia.

“Hasilnya (sayembara tersebut) agak sedih (karena bukan Indonesia yang menang), tetapi saya menyadari bahwa sketsa Thailand adalah yang paling baru dan memiliki perspektif global,” beber Rantau.

Saat ini Honda ADV 150 bukan motor yang hanya dipasarkan di Indonesia, melainkan juga dipasarkan di negara lain termasuk Jepang. Khusus Pasar dalam negeri, kuda besi matik bergaya adventure ini dijual dalam dua varian, CBS dan ABS.

Lanjutkan Membaca
Beri Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending